Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Mengatasi Charging Lama di Redmi 4X


Xiaomi redmi 4x merupakan varian terbaru dari seri redmi 4. Smartphone yang memiliki codename SANTONI ini dalam beberapa bulan terakhir ini menjadi smartpone yang paling banyak dicari oleh penggila gadget. dengan spek tinggi dan harga yang relatif murah ini menjadi salah satu pilihan selain smartphone lainnya.

Di indonesia sendiri Xiaomi kini menghadirkan produk bergaransi resmi TAM untuk beberapa smartphone terbarunya, salah satunya yaitu Redmi 4x prime 3/32 GB. Namun untuk Redmi 4x versi 2/16 GB masih hadir dalam garansi distrubutor saja. Biasanya xiaomi yang dibeli dari garansi distributor masih menggunakan ROM distributor atau abal-abal dengan biasanya pada versi MIUI tertulis 5 digit.

Pengalaman saya sendiri ketika membeli Redmi 4x 2/16 GB versi distributor, saya lihat ternyata sudah menggunakan ROM Global 4 digit. 

Kebetulan saya mendapat MIUI versi 8.2.1.0. Ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa MIUI yang digunakan Redmi 4x yang cuma 4 digit itu hanyalah ROM China yang dimodifikasi oleh pihak distributor agar ada bahasa indonesia dan playstore-nya.

Masalah pertama yang saya alami sendiri adalah ketika mencharger battery dari jam 9 malam hingga jam 9 pagi, sekitar 12 jam untuk mengisi battery redmi 4x ini. 
padahal normalnya smartphone xiaomi terbaru memiliki fitur fast charging yang mampu mencharger battery selama 2-3 jam untuk kapasitas 4100 mah.

untuk mengatasi masalah ini saya mencoba melakukan flash atau mengganti ROM bawaan menjadi rom global via TWRP. Karena ketika download ROM Global stabil 8.2.9.0 gagal, jadi saya menggunakan ROM Global Dev 7.5.25.

dan hasilnya ketika saya mencharger battery dari 20% hingga 100% hanya membutuhkan waktu 2,5 jam.

Alhamdulillah,, silahkan dicoba semoga berhasil …


BACA JUGA :


10 comments for "Solusi Mengatasi Charging Lama di Redmi 4X"

  1. Ha-ha-ha kayaknya 4x agan kurang beruntung,punya saya Rom nya sama 8.2.1.0 tapi casnya ya 2-2,5 jam. Trus lagi itu Rom asli gan bukan Rom Abal abal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,, tapi alhamdulillah udah normal sekarang ...

      Delete
  2. And punya problem yang sama gan
    Solusi yang lebih mudah gak ada gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum ada gan,, itu juga sudah tanya2 di grup,, gaada respon,, terus saya flash sendiri lah,, hehe

      Delete
  3. Gan numpang tanya ya. Kalau 4x saya kadang dicharge dengan charge bawaan kadang cepat normal tapi kadang kok lama kenapa ya. Pas lama contoh dari 39% ke 84 % perlu waktu 3,5 jam. Tapi pas normal selama itu udah full bahkan dari dibawah 10%. Itu kenapa ya. Solusinya gimana...

    ReplyDelete
  4. Solusinya:
    Beli hp Xiaomi or Apple yang garansi resmi, jangan distributor pasti ada aja kendalanya secara orang indonesia belum dewasa(masih berani nipu) dalam urusan dagang.

    ReplyDelete
  5. Punya sya versi 8.2.9.0 gan. Charging dri 25% smpe full btuh waktu 3jam 25mnit, normal gak gtu gan?

    ReplyDelete
  6. Gue kok ngecas nya nyampe 4 setengah jam ya . Itu knpa kok bs gtu sndri charger gue

    ReplyDelete